RAHASIA LEGENDARIS!
Powered by Blogger.

Dahsyatnya Manfaat Air Mata Bagi Kesehatan Anda

AppId is over the quota

Suara.com - Ada dua tipe orang dalam menghadapi masalah, terutama yang sangat menyedihkan baginya.

Pertama, orang yang meluapkannya dengan air mata yang ia biarkan keluar agar merasa lega. Kedua, orang yang berusaha menahan masalah tersebut dalam hatinya.

Lantas, di antara kedua tipe tersebut mana sebenarnya yang lebih baik efeknya bagi kesehatan? Seperti dilansir dari zeenews, psikolog merekomendasikan bahwa setiap orang harus meluapkan segala kesedihan dengan menangis.

Menurut para pakar kejiwaan, selain berguna untuk meredakan kesedihan secara psikis, mengangis ternyata memiliki manfaat yang berhubungan dengan kesehatan.

Apa saja sih manfaat air mata bagi kesehatan? Berikut ulasannya:

1. Membersihkan mata

Alasan pertama kenapa menangis sangat bermanfaat adalah air mata yang menetes akan membasahi bola mata lebih banyak dari biasanya. Hal itu mencegah dehidrasi berbagai membran mukosa.

2. Membunuh bakteri

Air mata bekerja sebagai anti-bakteri dan anti-virus, melawan kuman yang ada di sekitar kita, seperti di toilet dan tempat-tempat yang memudahkan bakteri berkembang biak. Air mata juga mengandung lisozim, cairan yang dapat membunuh 90 sampai 95 persen bakteri hanya dalam 5-10 menit.

3. Meningkatkan suasana hati lebih baik

Percaya atau tidak, menangis dapat mengurangi rasa kecemasan, kegelisahan, gangguan emosional, dan semua perasaan yang hidup dalam diri yang bisa membuat pikiran cenderung negatif.

4. Menghilangkan stres

Sama seperti olahraga, ternyata mengangis membantu menghilangkan stres. Air mata bisa menghilangkan beberapa bahan kimia yang keluar karena stres, seperti enkephalin leusin dan prolaktin. Dengan air mata kita juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah dan lambung. Itu semua penyakit yang bisa disebabkan oleh pikiran (stres).

5. Melapangkan dada

Menangis adalah terapi. Ini membuat rasa frustasi dan kecemasan berkurang bahkan hilang dengan sendirinya setelah menangis. Oleh karena itu, jangan malu dan takut untuk menangis untuk membantu diri Anda sendiri.

Jadi, kalau Anda sedang punya masalah dan tak kuasa menahan rasa, jangan lagi menahan air mata Anda ya, karena meluapkan emosi dengan air mata sangat baik bagi psikis dan fisik Anda.




View the original article here

No comments:

Post a Comment